Knowledge, News, Sport, Music, Entertaiment, etc.

KALIMAT TAYYIBAH YANG MENGAGUMKAN

Kalimat “la ilaha illallah” (tiada Tuhan selain Allah) adalah lebih masyhur dinamakan dengan kalimat tayyibah. Kalimat ini sangat istimewa dalam agama samawi yang tarakhir ini yaitu Islam, di mana dengan kalimat inilah sesorang bisa mendapatkan predikat Muslim, mungkin yang sebelumnya mendapatkan stempel kafir tetapi setelah mengucapkan kalimat tayyibah ini berubah statusnya menjadi Muslim. Padahal kafir dan Muslim itu sangat berbeda jauh bagaikan sang surya dengan planet pluto, tentu dengan konsekwensi orang itu harus menjalankan apa saja yang dilarang dan apa saja yang diperintahkan dalam agama Islam.

Bukan hanya itu saja keistimewaannya, ada hal yang sangat istimewa lainnya dari kalimat ini, yaitu sebagai pondasi agama, Karena kalimat ini adalah kalimat tauhid, dan ketauhidan adalah ilmu yang harus ditanamkan sejak kelahiran, tanpa disadari sejak lahir pun manusia sudah mendengar tauhid di telinga manusia yang baru saja berpindah alam dari alam rahim ke alam dunia. Hal ini memang disyariatkan oleh agama Islam ketika seorang ayah mengumandangkan adzan di dekat telinga anaknya, dan mengucapkan iqamah di dekat telinga kiri anaknya.

Sungguh kalimat yang simpel tapi bermakna luas, bukan hanya luas tapi sangat luas sekali, sampai-sampai kalimat tayyibah ini adalah pondasi Islam. Pondasi adalah hal yang sangat urgent dalam mendirikan gedung bertingkat, jika pondasinya lemah maka runtuhlah gedung bertingkat itu, tetapi sebaliknya jikalau kokoh maka akan kuat gedung bertingkat itu. Begitu pula dengan kalimat tayyibah, sungguh kuatnya kalimat ini sehingga Islam masih tetap eksis di muka bumi ini.

Lebih lanjut lagi kalimat tayyibah ini sebagai kalimat yang diajarkan langsung oleh Allah SWT. kapada Nabi Muhammd Saw. melalui firman Allah SWT. “Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, Tuhan) selain Allah” (QS. Muhammad: 19), ayat ini menunjukan bahwa wajib mengetahui Allah SWT. beserta ilmu-Nya dengan kata ‘I’lam’, sedangkan dengan adanya kalimat tayyibahmaka akan dapat mengetahui dan bersaksi bahwa Allah SWT. adalah Esa yang berarti mempunyai ilmu yang Maha Luas. Dan akhirnya dengan kalimat tayyibah ini sudah menjalankan kewajiban dalam mengetahui Allah SWT. beserta ilmu-Nya. Apalagi dalam setiap shalat fardhu sudah membacanya bahkan kalimat tayyibah ini adalah salah satu rukun dari rukun-rukun shalat, jika meninggalkannya maka akan rusaklah shalatnya.

Lebih-lebih akan tercengang dan kagum dengan kalimat tayyibah ini setelah ada sebuah Hadits tentang keutamaannya yang berbunyi “Barangsiapa pada akhir hidupnya mengucapkan la illaha illallah maka wajib baginya masuk surga” (HR. Ahmad), Hadits ini adalah Hadits shahih, banyak terdapat dalam kitab-kitabmasyhur, seperti kitab al-Janaiz karyanya Imam Abu Daud, al-Kabir karyanya Imam al-Thabrani, al-Tauhid karyanya Ibnu Mandih, bahkan Imam al-Bani mengatakan Hadits ini adalah shahih yang terdapay dalam kitabnya yang terkenal Shahih al-Jami’ al-Shaghir. Hadits ini juga menunjukan bahwa syarat kematian husnul khatimah salah satunya adalah dengan mengucapkan kalimat tayyibah ini pada akhir hayatnya ketika ruh belum sampai ke tenggorokan, apalagi kalimat ini adalah kewajiban sehingga setelah melakukan kewajiban akan mendapatkan hak, maka hak itu adalah surganya Allah SWT. pada akhirat kelak.

Maka tanpa dalih apapun manusia yang memiliki titel Muslim haruslah mengucapkan kalimat tayyibah ini, setiap saat baik di mana pun dan dalam kondisi apapun. Akhirnya penulis hanya memasrahkan kepada Allah apa-apa yang benar dan apa-apa yang salah, semoga hati ini di kuatkan untuk senantiasa mengucapkan “la illaha illallah”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.