Knowledge, News, Sport, Music, Entertaiment, etc.

Ini Cara BlackBerry Hadirkan Ponsel BB10 Murah

WATERLOO, KOMPAS.com — Saat meluncurkan BlackBerry 10, BlackBerry juga ikut memperkenalkan dua ponsel dengan sistem operasi tersebut, BlackBerry Z10 dan Q10. Dua ponsel yang kemungkinan besar akan dibanderol mahal di kisaran Rp 7 juta tersebut akan dirilis pada Maret dan Juni tahun 2013 ini.

Yang menjadi pertanyaan, kapan BlackBerry akan meluncurkan perangkat BlackBerry 10 dengan harga murah.

“Kami (BlackBerry 10) tak akan memasuki segmen entry-level untuk beberapa lama, yang jelas bukan tahun ini,” ungkap Managing Director BlackBerry Eropa Stephen Bates saat diwawancara beberapa waktu yang lalu.

CEO BlackBerry Thorsten Heins pun mengeluarkan sebuah pernyataan yang seakan mengamini pernyataan koleganya tersebut, seperti dilaporkan wartawan KompasTekno, Reza Wahyudi, dari markas besar BlackBerry di Waterloo, Kanada, Rabu (13/2/2013).

Heins mengatakan, ia ingin melihat “portofolio produk BlackBerry 10”, selain BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10 dengan keyboard QWERTY fisik, termasuk di dalamnya “perangkat mid-tier” dan juga “perangkat entry-level” di beberapa pasar.

Namun, menghadirkan ponsel BlackBerry 10 dengan harga yang murah dalam waktu dekat masih belum memungkinkan.

“Jika Anda memikirkan tentang resolusi layar, prosesor, dan memori yang Anda butuhkan, dan kemudian jalankan matematika (dihitung), kita mungkin tidak akan sampai ke sana dalam enam bulan ke depan,” ujar pria berusia 55 tahun kelahiran Jerman ini.

Nah, apa akal BlackBerry agar perangkat BlackBerry 10 dengan harga yang terjangkau dapat segera tersedia?

“Kami menuju penjualan lisensi (untuk perangkat berbiaya murah), ” kata Heins pada kesempatan yang sama. “Ini pertanyaan dari model bisnis dan waktu untuk memicu sebuah keputusan, jika dan kapan Anda harus melakukan hal ini.”

Jadi, untuk menghadirkan ponsel BlackBerry 10 dengan harga murah, BlackBerry secara tak langsung mempersilakan produsen lain untuk memproduksi perangkat hardware-nya dan membeli lisensi perangkat lunaknya dari BlackBerry.

Kabar produsen ponsel BlackBerry ini akan membuka lisensi sistem operasi BlackBerry 10 untuk dipakai di produsen lain sebenarnya sudah santer terdengar. Sebelum peluncuran BlackBerry 10 pada 30 Januari lalu, Heins pun sempat menyatakan kemungkinan rencana penjualan lisensi ini.

Jadi bersiaplah melihat ponsel-ponsel murah dengan merek Acer, Asus, HTC, Huawei, atau Lenovo yang menggunakan sistem operasi BlackBerry 10 dan tentu saja mempunyai fitur BlackBerry Messenger.

Untuk BlackBerry, ini merupakan kali pertama mereka melepaskan lisensi sistem operasinya. Dapat menjadi sesuatu yang positif jika hal ini memperluas penggunaan BlackBerry 10. Namun, hal itu bisa juga menjadi negatif karena tentu akan mengurangi porsi penjualan perangkat BlackBerry 10 buatannya sendiri.

Strategi yang dilakukan BlackBerry ini mirip yang dilakukan Google dengan Android-nya dan sudah terbukti sukses. Apakah BlackBerry akan sesukses Android?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s