Knowledge, News, Sport, Music, Entertaiment, etc.

Mengepak Peluru, Terdakwa Teroris Divonis 4 Tahun

Mengepak Peluru, Terdakwa Teroris Divonis 4 Tahun

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Terdakwa terorisme, Enjang Soemantri, divonis empat tahun penjara terkait terorisme. Keterlibatan Enjang adalah melakukan pengepakan peluru sebanyak 12 dus.

“Terdakwa dikenai hukuman empat tahun penjara dikurangi masa hukuman selama persidangan,” kata ketua majelis hakim, Oloan Haranja, di Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada Selasa (26/2/2013).

Olowan mengatakan, terdakwa terbukti melakukan pemufakatan kejahatan dengan membantu mengepak 12 dus peluru yang akan dikirim ke Aceh. Peluru tersebut akan digunakan untuk pelatihan militer di Gunung Jalin Jantho, Aceh.

Seusai mengepak, kata dia, terdakwa membantu mengirimkan 12 dus peluru dari Cikampek menuju Aceh dengan menggunakan bus. Kemudian, terdakwa diringkus pihak kepolisian dan ditahan sejak 21 April 2012.

Nelli Kurniasih Widyowati, kuasa hukum terdakwa, mengatakan, terdakwa menerima putusan yang diberikan hakim. Sebelumnya, jaksa penuntut umum menuntut enam tahun penjara dengan dakwaan lima pasal yang menjerat terdakwa.

Pasal tersebut adalah Pasal 15 jo 7 tentang Terorisme, Pasal 13 c, UU Darurat tentang Senjata Api Pasal 1, Pasal 365 Ayat 2 KUHP, dan Pasal 15 jo 9 mengenai Terorisme. Dari lima pasal tersebut, terdakwa hanya terbukti melakukan tindak pidana Pasal 15 jo 9 Undang-Undang Terorisme.

JPU menyatakan masih pikir-pikir dengan putusan hakim, sedangkan terdakwa dengan kuasa hukumnya menerima keputusan tersebut dan tidak akan mengajukan banding.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s